3.14.2017

Antara Barcelona, Arsenal, Liverpool, Ahok & Anies.

(Goal.com)
Ketika Barcelona dibantai 4-0 oleh PSG kemudian Arsenal dibantai 5-1 oleh Bayern Muenchen di leg pertama babak 16 besar UEFA Champions League semua orang terperangah. Meski di leg kedua Barcelona dan Arsenal sama-sama bermain di kandang mereka, tak ada yang percaya bahwa keadaan bisa dibalikkan dengan defisit gol yang demikian besar.

Tapi kita tahu akhirnya apa yang terjadi. Barcelona dengan semangat Catalan yang menggebu-gebu berhasil lolos memanfaatkan kelengahan pemain-pemain PSG dan ganti membantai PSG dengan skor 6-1 di Nou Camp.

Sementara Arsenal gagal membalikkan keadaan di Emirates, ketika Bayern Muenchen malah kembali membantai mereka dengan 5-1 lagi. Semangat dan koordinasi Arsenal hancur ketika Koscielny dikartumerah. Total Muenchen meluluhlantakkan Arsenal dengan agregat 10-2.

Sementara itu di “Leg Pertama” Pilkada DKI kemaren boleh dibilang Ahok menang tipis atas Anies. Skor kira-kira sama dengan unggul 1-0 di kandang lah bagi kubu Ahok. Kubu Anies cukup bergembira dengan pencapaian yang di luar dugaan itu. Mereka cukup menang 2-0 di “Leg Kedua”, maka mereka akan juara.


Apa kira-kira yang akan terjadi di Leg Kedua nanti?

Apabila kubu Ahok lengah, keunggulan margin yang tipis itu bisa dengan mudah dibalikkan. Bayangkan dalam kasus PSG, margin tebal pun ternyata bukan jaminan. Sebaliknya kubu Anies juga tidak bisa terlalu percaya diri. Membalikkan margin tipis tidak mudah. Apalagi meski menggunakan analogi dua leg dalam UCL, sebenarnya Pilkada DKI berbeda karena tidak menggunakan sistem aggregat. Dalam hal ini Putaran Kedua nanti adalah the real final. Jadi siapa yang lengah pasti akan menyesal.

Mungkin kita harus mengingat final UCL 12 tahun lalu di Istanbul ketika AC Milan di babak I sudah unggul 3-0, kemudian di babak II Liverpool membalikkan keadaan menjadi 3-3 dan akhirnya menang dengan adu penalti  dan menjadi juara Champions League. Tidak ada yang tidak mungkin, sehingga kelengahan lawan bisa jadi akan menjadi KUNCI kemenangan. Entah di sepakbola, entah di Pilkada DKI nanti. Sementara kunci untuk kita berlibur mudah dan murah --mungkin sambil menonton bola --apakah itu ke Barcelona, London, Liverpool, Istanbul, Milan atau Muenchen--adalah memilih tour & travel yang tepat. Cobain pake Dwidaya Tour a
tau donlod appnya di Android maupun iOS.Dan rasain sendiri pengalamannya...

No comments: