11.28.2006

Busway, Bush No Way





Beberapa hari ini kebetulan gue lagi CAR-LESS WHISPER. (terjemahan bebas: diem-diem gak ada mobil--mogok jo!)
Berhubung tanggal tua, jadi biar aja tuh mobil ngangrem di garasi.
Dan alhasil gue ke kantor naik motor diboncengin sopir gue yang jadi jobless whisper.

Selama naik motor banyak hal baru yang gue temui.

Yang pertama (ini gak baru sebenernya) JAKARTA TUH PANASNYA EMANG ANJING TANAH YA!!!!
Gak hawanya, gak mataharinya.
Sumpah mampus!
Gak usah di jalan raya penuh polusi.
Wong pas hari Minggu gue ada acara arisan keluarga di rumah gue aja, semua yg dateng pada LELEH!!!!
Tanya DanRem yang jadi saksi hidup...

Buat gue yang gampang keringetan, naik motor bener-bener mati gaya.
Gak pake lengen panjang, kulit jadi belang (Anak-anak: "Halah Sek, mau belang gimana wong item kulit lo dah mentok...!")
Kalo pake lengen panjang, nyampe kantor dah kayak tikus got.
Dan tauk kan musuh besar org Jakarta beberapa bulan belakangan ini?
BUSWAY!!!

Pembangunan asal2an gak terkoordinir, semrawut, kejar setoran.
Oke lah tujuannya mulia--selain nggelembungin account Pak Gubernur juga--memberi transportasi yang memadai buat warga DKI.
Dan sejujurnya gue juga nungguin yang koridor VI karena bener2 jalur rumah ke kantor!
Tapi joooooooo....
Manusiawi dikit kek!

Yang kedua: SESAMA PENGENDARA MOTOR ITU TENGGANG RASA
Entah kenapa, agak beda sama pengendara mobil yang suka gak mau kalah satu sama lain.
Kalo pengendara motor tuh biarpun seruntulan dan asal kepot sana-kepot sini, tapi gak nyolotan.
Kesannya: sesama seruntulan, ya sutralah yaa....

Analisa sok tau gue, adalah: karena pengendara motor punya musuh bersama.
Yaitu pengendara mobil dan juga semrawut dan panasnya lalu lintas Jakarta (baca: BUSWAY!)

Analisa sok tahu gue juga jadi ngeliat tabiat "bersatu saat ada musuh bersama" memang jadi salah satu ciri khas orang Indonesia.
Contoh: waktu refomasi semua unsur mahasiswa punya agenda dan musuh besar satu : TURUNKAN SOEHARTO.
Semua bersatu padu. (kecuali antek2 Soeharto tentunya)
Atau contoh paling gres waktu George W. Bush dateng ke Bogor.
Dari paranormal bin oranormal sampe Kyai bin Anarkis sampe Mahasiswa...semua!
Bersatu padu.
Menentang keras!

Tapi kapan ya kita ngeliat kemiskinan sebagai musuh bersama?
Kapan ya kita ngeliat kebodohan sebagai musuh bersama?
Kapan ya kita ngeliat korupsi sebagai musuh bersama?
(Belum2 wapres udah memperingatkan KPK soal pemeriksaan pejabat-- takut keserempet pak Ucup?)


Kapan ya?


Kapan kapan kita berjumpa lagi
Kapan kapan kita bersama lagi
Mungkin lusa atau di lain hari
- Koes Plus ~ Kapan-Kapan (1974)



Meja Adwork Pojok Ngerokok Lt 2
271106
Bas. Bis. Bus. Pisang Rebus.

3 comments:

mister::G said...

Ngomong kok ngalor-ngidul. Padahal rute busway ngetan-ngulon

Blogger said...

Did you know that that you can make cash by locking selected pages of your blog or site?
Simply join Mgcash and embed their Content Locking widget.

Blogger said...

Are you monetizing your exclusive file uploads?
Did you know AdscendMedia will pay you an average of $500 per 1,000 file downloads?