11.13.2007

Hargaku Harganya






Pertama kali denger ada taneman harganya puluhan bahkan ratusan juta komentar gue adalah:

“BUSET DAH! Emang tuh taneman berbuah mobil, apa gimana siyh !!!???”

Masalahnya kalo itu taneman langka kayak Rafflesia yg cuman tinggal beberapa biji di dunia sih, masih masuk di akal gue.
Tapi ini enggak.
Bwanyakkkk bangettt!
Mending bagus lagi bentuknya. >:-(

Yap.
Yang gue omongin memang sang ANTHURIUM yg sekarang ini emang lagi jadi buah bibir.
Setelah era kejayaan Aglonema dan Addenium, taneman ini tiba-tiba jadi primadona baru. Bahkan —konon (mau dibalik terserah, Dik! ;P )—ada yang tembus di harga 1 M!

Gak kurang Kompas di dua edisi Minggunya berturut2 ngeliput khusus soal Anthurium.
Tiba-tiba majalah-majalah khusus taneman bermunculan.
Tiba-tiba majalah Trubus diburu bak majalah Playboy!
Tiba-tiba TOKET Andhara Early kalah seksi dibanding TONGKOL Jemanii Anthurium.

Tiba-tiba KISAH CINTA Maia Ahmad (iye iye sekarang namanya Maya Estianty!) kalah seru sama GELOMBANG CINTA Anthurium.

(FYI: Jemanii & Gelombang Cinta adalah salah dua dari sekian nama jenis Anthurium yang populer)

Jenis maling terpopulerpun berubah: Maling Taneman!
Udah gak jaman lagi CURANMOR, yang ngetrend sekarang CURHATAN (Pencurian Hasil Tanaman—halah!)

Semua gara-gara Anthurium!

Tapi ngomongin soal harga gila-gilaan di sebuah hal yang sifatnya hobby sebenernya bukan barang baru.
Burung Bekisar, ikan Arwana, pernah mengalami era keemasan jadi primadona yang diuber-uber.

Membandingkan harga sebuah taneman atau hewan yang harganya sebanding dengan mercedes keluaran terbaru, memang nyaris gak masuk di akal gue.
Tapi seorang temen gue tiba-tiba protes:

“Yah gak usah heran dong, Sek. Mobil kan bikinan manusia! Sementara taneman dan hewan kan ciptaan Tuhan….”

Monyet.
Bener juga ya…

Seduniawi itu kah pola pikir gue?
Sehingga memberhalakan barang dan menganggap barang harusnya lebih mahal daripada makhluk hidup.
Eits…
Jangan salahin gue dong.
Salahin sekitar gue juga yang ngebentuk pola pikir gue.

Kemaren nonton TV ada bayi dijual cuman seharga 15 juta . Mobil bekas tahun 90-an aja harganya masih 2x lipetnya kaleeee.
Nyawa orang dewasa cuman dihargain lima ribu perak. Rebutan duit segitu, ampe bacok2an? Banyak beneuuurrrr kasusnya!!
Belum lagi ngomong “nyawa” ratusan keluarga yang dihargai nol rupiah sama Lapindo.
Atau nyawa orang-orang tua dan miskin yang melayang gara-gara keinjek2 pas antri bantuan langsung tunai alias BLT (ngomong-ngomong apa kabar nih BLT ya? BBM gak turun tapi BLT nya kok lenyap??? Katanya dulu pengalihan subsidi BBM!!!!??)

Tapi temen gue juga langsung motong:

“Ah gak usah belaga bego deh lo…. sok pola pikirnya dipola jadi lebih menghargai barang segala! Buktinya elo minta gaji lo naik mulu….Harga seorang Sesek kan harga sebuah makhluk hidup bukan?”

Monyet.

---


Dibuai mimpi-mimpi
menggoda mereka
jangankan cari surga dunia
neraka duniapun ada

- Lenggang Lenggok Jakarta ~ A. Meriem Matalatta (1986)


---


WRAPPED
Episode 9 Season 3





Meja Adwork yang makin panas tapi gak boleh pergi.
131107
go. go. go.

11 comments:

dikisatya said...

Gua lagi tenggelam dalam serial komik "BUDDHA"-nya Osamu Tezuka. Bisa dibeli di Gramedia, 8 jilid.

Kemem,lumayan banget untuk 'menjaga jarak dengan permasalahan'.

Baca deh. :)

bucin said...

Sek, pesen goreng tepung Bekisar, Arwana asam manis & nasi cah Anthurium ya...

rur said...

ga seberapa kece juga sih anthurium itu.
tapi recommended ya buat invest disitu?

dikisatya said...

bucin tampil doang niiiiiiiiiiy....

drshanti said...

disuruh komen nih, ma Sesek.. :P

wisnu P said...

ikutan mejeng ah..

wisnu P said...

ikutan mejeng, Pak sesek...

Neng Keke said...

Daripada bingung... Berenti deh baca koran =))

mister::G said...

kok endingnya monyet sih Sek? ini ngomongin flora ato fauna?

Blogger said...

Did you know that you can generate dollars by locking selected pages of your blog / website?
To start just open an account with AdscendMedia and implement their Content Locking tool.

Blogger said...

Are you monetizing your exclusive file uploads?
Did you know that AdscendMedia will pay you an average of $0.50 per uploaded file download?